Minggu, 04 Oktober 2009

USTADZ SUBKHAN

Ta’lim Muta’allim

Syekh Abdul qadir Jaelani adalah ulama yang tinggi derajatnya karena ilmunya,bahkan melebihi derajat abi Isa. Tetapi ia tidak berani mengaku dirinya seorang Nabi karena beliau tahu tidak mungkin ada Nabi setelah Nabi Muhammad SAW.
Hormatilah seseorang karena ilmunya karena Ilmu adalah rizki paling utama di dunia dan itulah tujuan hidup kita.
Ilmu fiqh itu akan mengatur kehidupan manusia berupa ibadah dan muamalah. Maka dari itu, Ilmu fiqh adalah diutamakan diantara ilmu lainnya.

Orang aneh di zaman aneh adalah orang yang berbahagia nanti di akhiratnya. Maksudnya, orang-orang aneh di zaman akhir ini ialah orang-orang yang benar-benar menantang arus zaman yang semakin jahiliyah sehingga orang-orang yang islam dianggap orang yang aneh. Islam muncul di kalangan Jahiliyah dan dianggap asing, maka surutnya Islam di akhir zaman dalam keadaan terasing pula.

Sebaiknya orang yang menuntut ilmu mengekang diri agar mengulang-ulang ilmu supaya hati kita tetap. Qalbun -> Muqallaba = Hati itu bolak-balik.
Cara At-Tiqror (pengulangan) itu bisa sbb.
  • Ilmu yang baru kita pelajari kemarin kita ulangi 5 kali
  • Ilmu yang baru kita pelajari dua hari yang lalu kita ulangi 4 kali
  • Ilmu yang baru kita pelajari tiga hari yang lalu kita ulangi 3 kali
  • Ilmu yang baru kita pelajari empat hari yang lalu kita ulangi 2 kali
  • Ilmu yang baru kita pelajari lima hari yang lalu kita ulangi 1 kali

Hafal (hifdzun) artinya menjaga, itu artinya hafalannya terjaga terus. Jangan kita hafalan dengan mukhofatah (suara kecil sekali) atau jahron(suara keras), cukup dengan suara yang dibaca agar terdengar ke telinga. Ahli Toriqoh mengulang-ulang dzikir talbiyah sekencang-kencangnya agar konsentrasi penuh dan hati leleh terhindar dari pikiran untuk urusan lain.
Kita belajar maka sifat malas akan hilang. Kalau capek, istirahatlah. Kondisi lelah kita paksa kerja (yang harus mikir) maka hasilnya tidak maksimal.
Dan jangan kita memaksa diri hingga lelah sehingga kita tidak bisa attiqror maksimal. Tengah-tengah aja.
Diriwayatkan Abu Yusuf itu musyawarah ilmu fiqh diantara para ahli fiqh dengan kuat dan trengginas, menantu Abu yusuf gumun kepada hal kuatnya Abu Yusuf bermusyawarah, ia tahu Abu Yusuf itu orang yang Perutnya kosong sejak lima hari yang lalu. Abu Yusuf berkata tentang kekuatan beliau bahwa beliau motivasi mencari ilmunya itu bisa mengalahkan segalanya. Jangan pernah sekali kali menyepelekan catatan dan jangan dibuang. Gampang menghafal itu jika kita mau mempelajari sebelumnya dari catatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar